Sabtu, 19 Januari 2008

PD IPA Medan Hasilkan 174 Kader

Dalam periodeisasi tahun pertama 2007 - 2008,Pimpinan Daerah Ikatan Putera Puteri Alwashliyah (PD IPA) Kota Medan telah menghasilkan sekitar 174 kader yang berasal dari pelajar di 25 Kecamatan se Kota Medan dan berbagai daerah kabupaten/kota se Sumatera Utara.
“Jumlah tersebut merupakan para Kader yang dihasilkan melalui Latihan Kader Dasar (LKD) dan Latihan Kader Menengah (LKM) yang telah dilaksanakan PD IPA Kota Medan,” demikian dikatakan Ketua PD IPA kota Medan Dedi Suhairi dalam sambutannya di penutupan acara LKD dan LKM yang mereka gelar di Universitas Alwashliyah (UNIVA) Jalan SM Raja Medan sejak 13 – 19 Januari 2008.
Lebih lanjut Dedi mengatakan, 174 kader tersebut dari 35 Orang peserta LKD yang dilaksanakan oleh PC IPA Medan Denai pada masa libur sekolah di Bulan Ramadhan 2007 lalu, 77 Orang peserta LKD yang dilaksanakan Pimpinan Rayon IPA Madrasah Aliyah UNIVA Medan, 29 Orang peserta LKD ditambah 33 Orang peserta LKM yang baru saja dilaksanakan PD IPA Kota Medan.
Sementara itu, Wakil Ketua I PW IPA Sumut, Kurnia Salam menambahkan, dengan jumlah kader yang dihasilkan PD IPA Kota Medan selama periodeisasi kerja tahun pertama tersebut, maka menambah jumlah kader IPA se Sumatera Utara menjadi 422 Orang. Jumlah tersebut merupakan total peserta LKD,LKM dan LKI yang selama tahun 2007 dan awal 2008 ini telah dilaksanakan oleh PW IPA Sumut maupun PD IPA se Sumatera Utara di masa libur sekolah.
Dijelaskan, Kedua jenjang latihan kader yang dilaksanakan PD IPA Kota Medan tersebut berlangsung selama lebih kurang 168 jam.Para peserta diinapkan selama sepekan di lokasi kegiatan untuk menerima berbagai latihan yang diisi dengan berbagai materi ceramah dan kegiatan ibadah.
Turut berperan aktif dalam mengisi materi ceramah para senioren IPA yakni Drs.H.Nizar Syarif (Ketua PW Alwashliyah Sumut),Nelly Armayanti (Ketua KPU Kota Medan), Drs.Anshoruddin Amir, Drs.H.Azhar Sitompul,MA, Chairial As’ady,S.Psi, Mu’as Tanjung S.PdI, Dra.Deliana Nasution, Dra.Maryam Sahar, H.Hafiz Yazid, Masjuriatul Bahar,S.Sos,Nazli Nasution, Fatimah Hasan Khan, Iwan Syahputra, Dedi Iskandar Batubara, Abdul Hafiz Harahap dan Mayawan Sari,SPd.
Ditambahkan Kurnia, kegiatan latihan kader ini merupakan program tahunan yang rutin dilakukan IPA. Pelaksanaannya tidak hanya terpusat di PW akan tetapi juga di seluruh Pimpinan Daerah (PD) IPA maupun Pimpinan Cabang (PC) IPA se Sumatera Utara.
Kegiatan kaderisasi ini merupakan salah satu bentuk pembinaan generasi muda Islam yang dilaksanakan oleh IPA. Melalui latihan kader, para peserta dilatih untuk meningkatkan inteligensi keilmuan dan kepribadian yang memiliki iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Sepintas pelaksanaan latihan kader ini mirip dengan pelaksanaan Pesantren Kilat yang marak dilaksanakan di bulan Ramadhan. Kendati demikian, latihan kader ini memiliki nilai lebih dikarenakan materi keilmuannya yang lebih lengkap. “ Kalau pesantren kilat targetnya hanya sebatas perningkatan iman dan taqwa, latihan kader IPA ini memiliki nilai lebih dimana peserta dituntut untuk dapat bersopsialisasi dan berperan aktif di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kurnia. (KURNIA)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Asalmkm'' H4i Sahabat IPA Masih Kenal Ibnu gak....
Ibnu Anak Siantar...

Saya Sekarang Ada Di Banten dan Bekerja Di Salah Satu Lembaga BaIST
Banten Institute for Social Transformation. Alhamdullilah saya dah Menyelesaikan Kuliah saya di STMIK Muhammadiyah Kota serang Banten, tapi saya Ambil D3 Informatika Komputer. Insya Allah Menyusul Ke S1.

ohhh ya sahabat IPA boleh kontak saya di no Hp :081906234854

tau join ke web saya
http://ibnuzakaria.webs.com

ditunggu komentarnya di webs saya ya""....