Minggu, 23 September 2007

97 Pelajar Lulus Latihan Kader IPA Sumut

Sekitar 97 pelajar yang berasal dari berbagai daerah kabupaten/kota se Sumatera Utara, Minggu (23/9) dinyatakan lulus mengikuti Latihan Kader yang dilaksanakan Pimpinan Wilayah Ikatan Putera Puteri Alwashliyah (PW IPA) Sumut, bertempat di sekolah Aljamiyatul Washliyah (Alwashliyah) Jalan Malinda II Perbaungan sejak tanggal 16 - 23 September 2007. Dengan lulusnya 97 peserta tersebut, maka menambah ribuan jumlah kader IPA yang terbentuk sejak 30 November 1953.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Ketua Panitia Pelaksana, Kurnia Salam mengatakan, ke 97 peserta yang lulus tersebut terdiri dari 69 orang peserta Latihan Kader Dasar (LKD) dari total 79 peserta yang ikut. Selanjutnya 18 peserta dari 22 peserta yang mengikuti Latihan Kader Menengah (LKM) dan 10 orang peserta dari total 11 orang peserta yang mengikuti Latihan Kader Instruktur (LKI).

Dijelaskan, ketiga jenjang latihan kader yang dilaksanakan PW IPA Sumut berlangsung selama kurang lebih 168 jam.Para peserta diinapkan selama sepekan di lokasi kegiatan untuk menerima berbagai latihan yang diisi dengan berbagai materi ceramah dan kegiatan ibadah.

Turut berperan aktif dalam mengisi materi ceramah para senioren IPA yakni Ibrahim Khalil,SPdi (Kini menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai), Drs.Hartoyo (Kini menjabat Anggota DPRD Kabupaten Serdang Bedagai) dan Hardi Mulyono,SE (Kini Menjabat Anggota DPRD Kota Medan). Selanjutnya, tampil sebagai penceramah senioren IPA lainnya diantaranya Drs.Anshoruddin Amir, Drs.Basyirus Syawal, H.Lukman Yahya, Drs.Arifin Umar, Chairial As’ady,S.Psi,Drs.Juwarno, Drs.Suroto, Drs.Juma’in, Drs.Rusman, Drs.Suherman, Drs.Baharuddin, Usman Batubara dan Dra.Deliana.

Sementara itu, Ketua PW IPA Sumut, Khairul Rijal mengatakan, kegiatan latihan kader ini merupakan program tahunan yang rutin dilakukan IPA Sumut. Pelaksanaannya tidak hanya terpusat di PW akan tetapi juga di seluruh Pimpinan Daerah (PD) IPA maupun Pimpinan Cabang (PC) IPA se Sumatera Utara.

Dijelaskan, kegiatan kaderisasi ini merupakan salah satu bentuk pembinaan generasi muda Islam yang dilaksanakan oleh IPA. Melalui latihan kader, para peserta dilatih untuk meningkatkan inteligensi keilmuan dan kepribadian yang memiliki iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Lebih lanjut Khairul Rijal mengatakan, sepintas pelaksanaan latihan kader ini mirip dengan pelaksanaan Pesantren Kilat yang marak dilaksanakan di bulan Ramadhan. Kendati demikian, latihan kader ini memiliki nilai lebih dikarenakan materi keilmuannya yang lebih lengkap. “ Kalau pesantren kilat targetnya hanya sebatas perningkatan iman dan taqwa, latihan kader IPA ini memiliki nilai lebih dimana peserta dituntut untuk dapat bersopsialisasi dan berperan aktif di tengah-tengah masyarakat,” ujar Rijal. (Krs)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

http://fdmd-indonesia.page.tl
Ibnu Zakaria Siantar sekarang di Jogja

Jangan Kembali Pulang Kalau tidakkan Menang


Contactku :

085880076951
081906234854

Online : reacsioner democratic@yahoo.com

Websiteku dipengurusan mahasiswa presidium
http://fdmd-indonesia.page.tl


Salam buat anak anak IPA SUMUT di daerah maupun PW IPA

ilyas mengatakan...

good luck buat ipa